Kafein : Konsumsilah Tepat, Tak Merusak Kesehatan

Kafein : Konsumsilah Tepat, Tak Merusak Kesehatan

Senin, 01 Juni 2015, 05.18
tolong.us
tolong.us  -  Apakah anda adalah salah seorang yang penggemar kopi?, sering kongkow-kongkow di warung kopi?. ingat lah, bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat memang baik untuk kesehatan salah satunya mencegah penyakit kanker. Tetapi jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih, malah akan menjadi sumber penyakit, dimana kopi adalah minuman yang banyak mengandung kafein, selain kopi ada sejumlah sumber kafein lainnya seperti teh, minuman berenergi, minuman bersoda, dan cokelat juga mengandung kafein. Rekomendasi jumlah maksimum asupan kafein adalah hingga 6 mg per kg berat badan. Kira-kira sekitar 400 mg per hari bagi perempuan dengan berat badan sekitar 68 kg.

Jika  Anda menyantap satu batang cokelat hitam menjelang makan siang, lalu menyeruput espreso usai makan siang, minum teh sore hari, dan konsumsi minuman berenergi di malam hari, maka asupan kafein ke dalam tubuh sudah cukup banyak sepanjang hari itu. Karenanya, rekomendasi jumlah maksimum asupan kafein adalah hingga 6 mg per kg berat badan. Kira-kira sekitar 400 mg per hari bagi perempuan dengan berat badan sekitar 68 kg.

European Food Safety Authority (EFSA) merilis, mengkonsumsi lebih dari lima kopi espreso sehari dapat merusak kesehatan. Masalah jantung, insomnia, maupun serangan panik, kesemuanya dikaitkan dengan konsumsi kafein yang berlebihan. Sayangnya, seperti disebutkan EFSA, banyak orang mengonsumsi kafein lebih dari tingkat aman, karena mereka tidak menyadari sumber berbeda dari kafein.

Sebagai perbandingan, satu cangkir kopi saring mengandung 90 mg kafein, minuman berenergi standar 80 mg, espreso 80 mg kafein, satu cangkir teh 50 mg dan satu batang cokelat hitam, kandungan kafeinnya sekitar 25 mg. Menurut EFSA, dan sejalan dengan saran di banyak negara, asupan kafein 400 mg (setara dengan 2 cangkir kopi) per hari bagi orang dewasa masih oke. Tetapi, banyak orang mengonsumsi kafein terlalu banyak.

Apabila anda juga salah orang yang susah tidur malam, maka konsumsi kafein mesti dihentikan setidaknya 6 jam sebelum tidur guna mencegah gangguan tidur. 

Jika menurut anda informasi ini berguna, silahkan di bagikan ke teman-teman anda melalui tombol dibawah.

 

TerPopuler