Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

situs pasang iklan gratis jual rumah tanah property di indonesia

Minggu, 29 November 2020 | 23:07 WIB Last Updated 2020-11-29T16:10:37Z

 


Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata iklan, dengan kemajuan teknologi saat ini iklan makin banyak berseliweran disekitar kita baik yang ditayangkan dan disiarkan melalui media elektronik maupun non elektronik.


Iklan ini dibuat dengan tujuan tertentu, baik untuk menarik calon konsumen hingga demi kebutuhan tertentu


Sebelum Kita memberitahu situs pasang iklan gratis jual rumah property di indonesia, ada baiknya anda pahami dahulu tentang beberapa hal berikut ini :


Pengertian Iklan Menurut Para Ahli


1. Rhenald Khasali


Rhenald mengatakan bahwa iklan adalah suatu berita atau pesan yang disampaikan untuk menawarkan suatu produk, baik barang maupun jasa, yang ditujukan untuk manusia luas melalui media.


2. Rachmat Kriyanto


Sedangkan Rachmat kriyanto mengatakan bahwa pengertian iklan adalah pesan mengenai suatu produk yang disampaikan lewat media dengan biaya tertentu untuk disebarluaskan kepada masyarakat.


3. Suhandang


Lalu Suhadang mengatakan bahwa iklan merupakan salah satu teknik komunikasi massa untuk menyebarkan informasi mengenai suatu barang atau jasa yang dikenakan biaya tertentu.


4. Gilson dan Berkman


Sementara Gilson dan Berkman mengatakan bahwa iklan adalah media komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi atau membujuk masyarakat yang berguna untuk pemasaran suatu produk tertentu.


5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Dan didalam kamus KBBI mengatakan bahwa iklan merupakan berita atau pesan yang dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk mendorong dan membujuk masyarakat agar tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan.


Iklan disampaikan melalui media komunikasi masa seperti surat kabar, majalah, tayangan televisi, siaran radio, maupun dengan ditempel pada tempat-tempat umum.


Dari pendapat yang dikemukakan beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian iklan dan contohnya adalah media untuk menyampaikan penawaran suatu produk atau jasa yang bersifat persuasif melalui media massa, contohnya iklan komersial atau iklan niaga, poster, reklame, baliho, dan lain-lain.


Lalu, Apa Syarat- Syarat Iklan?

Agar suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.

  1. Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
  2. Jelas dan Mudah dipahami
  3. Menarik perhatian banyak orang
  4. Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.

Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat digolongkan menjadi beberapa bagian berikut.

 


1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya


Iklan Niaga

Iklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll.

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. contohnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll. 
 

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan


Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak seperti koran, majalan, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang digunakan iklan jenis ini dibedakan lagi  menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom


Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan bahasa penulisan jurnalistik.


Iklan Display

Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom


Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet


Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan atau corporate advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. contohnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di daerah terpencil.


Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi himbauan atau ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diiklankan. contohnya seperti iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah dan iklan pencegahan narkoba.
 

3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya


Iklan Pengumuman

Iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan ataupun lainnya.


Iklan Penerangan

Memberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat.


Iklan Reklame

Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.
 

Tips Cara Membuat Iklan Yang baik dan benar sehingga dapat di ingat.


Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan ketika akan membuat sebuah iklan.

  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan efektif.
  • Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
  • Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar.
  • Gunakan slogan yang mudah diingat calon konsumen dll.





×
Berita Terbaru Update