Cara Deteksi Makanan Mengandung Boraks

Notification

DI CARI INVESTOR UNTUK MENGEMBANGKAN SITUS PORTAL INI DAN BISNIS DIGITAL YANG LAIN, HUB : 0811613002
×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Cara Deteksi Makanan Mengandung Boraks

Senin, 15 Juni 2015 | Juni 15, 2015 WIB Last Updated 2015-06-15T16:27:52Z
Bila terjadi perubahan warna alat mirip tusuk gigi menjadi merah, berarti sampel makanan yang diuji positif mengandung boraks.

Dijaman sekarang ini. banyak orang ingin cepat kaya, walau dengan tidak halal ataupun berbuat jahat, salah satunya mengawetkan makanan seperti mengawetkan mayat. biar makanannya ngak cepat basi. tetapi yang makan lama-lama akan menjadi mayat. bahan yang sering digunakan adalah borax atau boraks. lalu apakah anda tahu cara mendeteksi makanan/minuman yang mengandung boraks?. nah disini kami mencoba menolong anda memberikan informasi bahwa ada temuan baru cara mendeteksi boraks. semoga alat ini bisa di jual di pasaran.

cara mendeteksi atau cara ngecek makanan yang mengandung boraks ini ditemukan oleh 3 orang siswa SMA negri 3 semarang, mereka adalah Dayu Laras Wening, Luthfia dan Adila. 


untuk temuannya itu, mereka menamakan nya SIBODEC (Stick of borax detector). Mereka menciptakan alat yang berbentuk tusuk gigi.

Lewat inovasi tusuk gigi pendeteksi borak itu, Mereka berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia.

Dengan alat itu, siapa saja bisa dengan gampang mendeteksi apakah suatu makanan atau minuman mengandung boraks, hanya dengan menusukkan tusuk gigi ke sampel makanan atau  minuman yang akan diuji. Selain mudah cara penggunaannya, mudah pula untuk menyimpulkan hasilnya. Bila terjadi perubahan warna pada tusuk gigi menjadi merah, berarti sampel makanan yang diuji positif mengandung boraks. alat ini dilengkapi dengan bahan kimia tertentu yang memang hanya sensitif terhadap boraks.


Makanan yang mengandung boraks banyak beredar di pasaran dan meresahkan masyarakat. Namun, tidak banyak masyarakat yang bisa dengan mudah mengetahui mana makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut. Selama ini, deteksi boraks pada makanan terbilang tidak praktis dan efektif, karena harus melalui tes dan uji laboratorium yang memakan waktu cukup lama, bahkan hingga berminggu-minggu.

Kenapa memilih tusuk gigi? Selain mudah diperoleh, murah dan praktis, siapa pun dapat memanfaatkannya bahkan kalangan awam sekalipun. "Biar mudah dibawa dan karena bentuknya seperti tusuk gigi jadi terlihat normal kalau semisal mau cek makanan di mana saja."kata Dayu seperti di kutup dari brilio.net, Selasa (7/4)


Sekian.

Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar apa saja? Silakan kirim ke [email protected].

Jika menurut anda informasi ini sangat berguna bagi orang lain, dan mungkin dapat menolong dia, tolong sebarkan atau bagikan melalui facebook twitter atau google plus yah.. :)


Share your story and let's help others :)





×
Berita Terbaru Update