di tolak (3 X di kampus, 30 X kerja) termasuk Melamar kerja di KFC, kini jadi Miliuner

di tolak (3 X di kampus, 30 X kerja) termasuk Melamar kerja di KFC, kini jadi Miliuner

Senin, 08 Juni 2015, 05.08


Kurang Lebih 15 Tahun yang lalu,  Jack Ma adalah bukan siapa-siapa, bukan orang terkenal, bukan orang terpandang, bahkan untuk di kampungnya sendiri (china), dia hanya seorang anak yang mencoba mendaftar di universitas tetapi di tolak tiga kali, dan setelah tamat kuliah ia mencoba melamar kerja dan setelah di test dan diinterview, dia tidak diterima (ditolak) sebanyak 30 (tigapuluh) kali, bahkan untuk menjadi pramuniaga di sebuah restoran cepat saji sekelas KFC pun dia tidak diterima, padahal intelektual bukan yang utama untuk berkerja di sebuah restoran.


Namun, siapa sangka?, jerih paya usahanya tidak sia sia.. dia adalah pemilik www.alibaba.com dimana website ini adalah website e-commerce yang berbeda dari yang sudah ada, pada tahun itu. website e-commerce ebay.com adalah website yang paling terkenal yang dimiliki sebuah perusahaan dari amerika serikat.

Awal mulanya dia membuat website www.alipay.com,  Semula banyak orang menyangsikan Aliplay yang mewadahi jual beli antar kurs dalam perdagangan internasional "Mereka bilang ini ide paling bodoh yang pernah saya lakukan. Saya tidak peduli selama orang dapat menggunakannya," tutur dia.

Kesuksesan Ma tidak terjadi dalam sekejap. Perlu kesungguhan dan tekad setebal baja untuk menjadi sukses seperti sekarang ini. Dalam wawancara yang dikutip dari business insider. Ma mengungkapkan dirinya sudah terbiasa dengan penolakan.

"Saya mau menjadi polisi, mereka bilang saya tidak pantas. Bahkan saya melamar ke KFC di kota saya, dari 24 orang yang melamar hanya saya yang tidak diterima," kenang Ma. Kini Ma dinobatkan sebagai orang terkaya di China dengan total kekayaan 20,4 miliar dolar. Bahkan produk perusahaan Ma mampu menarik 100 juta orang setiap harinya.

Ma pun tak takut harus bersaing dengan eBay yang tampak lebih perkasa. Dia yakin kepercayaan pasar, utamanya di China sudah berada di dalam genggamannya. Kisah Ma menjadi bukti jangan pernah berhenti berusaha jika mau sukses.

didalam kesuksesannya Jack Ma pun membagikan kunci kesuksesannya.

1. Attitude (Sikap Yang Baik)

Jack Ma pernah membuat kesalahan yang terbesar yang pernah dia buat ketika mendirikan Alibaba.com, dia mengatakan bahwa kepada karyawannya nya bahwa karir yang paling tinggi yang akan mereka capai hanya sampai level Manager. dan TOP managementnya akan di rekrut dari luar. hal itu lah yang membuat alibaba.com sempat tidak berkembang. dia merasa dirinya agak terlalu sombong dan tidak mengembang dan memuji karyawannya.

alibaba


2. Satu VISI

Ma berkata bahwa tidak peduli seberapa keras Anda mencoba Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan setiap satu karyawan, mitra bisnis, dan investor potensial untuk mempercayai Anda atau percaya apa yang Anda katakan. Menerima itu dan mengubah cara pendekatan adalah kunci lain untuk sukses besar nya. Dari pada menyatukan perusahaan di bawah visi satu orang, ia menyatukan mereka di bawah tujuan bersama. Visi adalah lebih penting daripada pemimpin.



3. Memprediksi masa depan

Jack Ma percaya bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki pandangan jauh ke depan. Dia harus mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari kompetisi dan mengantisipasi bagaimana keputusan akan keluar di depan orang lain. Mengambil waktu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan mengikuti intuisi informasi adalah ciri dari setiap pemimpin bisnis yang besar.


4. Gajilah Orang Pintar di bidangnya

Ketika ditanya apa yang memisahkan pemimpin dari seorang karyawan?. Ma mengatakan "karyawan Anda harus memiliki keterampilan teknis unggul dari Anda. Jika dia tidak, itu berarti Anda telah mempekerjakan orang yang salah. "Fokus pada keterampilan karyawan dan mempekerjakan orang dengan pengetahuan bagaimana melaksanakan visi Anda merupakan pilar penting dari setiap perusahaan besar.


5. Gigih

Selain kejelian Ma mengatakan pemimpin harus ulet dan memiliki visi yang jelas. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dan memiliki dorongan untuk mengejar ke bawah tidak hanya akan menempatkan Anda pada jalan menuju sukses, itu akan menginspirasi orang-orang di sekitar Anda bekerja keras untuk itu tujuan bersama. Rasa bangga dalam pekerjaan Anda dan tidak mengambil jawaban tidak adalah kunci untuk filosofi bisnis Ma.


6. Mencintai Hidup

"Saya selalu mengatakan pada diri sendiri bahwa kita lahir di sini tidak bekerja, tetapi untuk menikmati hidup. Kami di sini untuk membuat hal-hal yang lebih baik satu sama lain, dan tidak bekerja. Jika Anda menghabiskan seluruh kehidupan kerja Anda, Anda pasti akan menyesal. "Sentimen ini terletak di jantung gaya hidup Jack Ma. Hidup adalah untuk mengalami dunia dan membantu keluar orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, Anda harus mengubah pola pikir Anda.


7. Jangan Ada Musuh

Salah satu aspek yang paling unik dari filosofi bisnis Jack Ma adalah ide kompetisi ramah. Ma tidak melihat pesaing sebagai musuh, mereka adalah teman yang ia dapat belajar dari dan yang menantangnya untuk mencapai potensi penuh. Hal ini jelas bahwa filsafat Jack Ma dibangun untuk sukses dalam dunia berkembang pesat. Kita semua dapat belajar satu atau dua hal dari miliarder buatan sendiri.



Jika anda merasa artikel ini sangat berguna memotivasi teman-teman dan keluarga anda, silahkan sebarkan atau bagikan artikel ini via facebook ataupun twitter. melalui tombol di bawah.
 

TerPopuler