Awas Hati-Hati, Genset Bisa Menimbulkan Kebakaran...

Bagikan Ke Google Plus


Anda mempunyai genset?, atau ada niat membeli genset baru atau genset bekas/secon?,  anda perlu membaca artikel/berita ini. untuk menambah pengetahuan anda tentang genset.


Genset memang sangat dibutuhkan ketika listrik PLN mati. banyak orang sudah memiliki genset disetiap rumahnya. untuk pemakian rumah tangga biasanya genset yang digunakan adalah genset antara 3000 watt - 7000 watt . dimana biasanya genset tersebut berbahan bakar bensin. 

perlu anda ketahui bahwa genset yang berjenis genset kecil dan berbahan bakar bensin adalah jenis genset yang tidak laiyak digunakan lebih dari 4 jam. karena di samping genset tersebut akan cepat rusak karena tidak ada air radiator atau air pendingin.  akan dapat juga menyebabkan kebakaran.

seperti kejadian ini :

"Gara-gara lampu mati, Toko Perabot Terbakar "


Toko Perabot Bintang Rezeki di Jalan Sutomo nyaris terbakar, akibat lampu mati. Jumat (7/8/2015). Kebakaran itu dipicu genset yang dipasang pemilik toko saat lampu mati.

Genset itu dipasang sekitar satu jam lebih dan mengalami kepanasan, sampah yang ada didekat genset itu pun tiba-tiba menimbulkan api, hingga membesar.

Kejadian itu pertama sekali dilihat seorang karyawan toko dan langsung melaporkan kepada pemiliknya. Bahkan, kejadian itu juga sempat menyita perhatian masyarakat disekitar Jalan Sutomo yang kebetulan melintas.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemko Pematangsiantar tiba dilokasi dan dibantu sejumlah personil kepolisian langsung berupaya memadamkan api dan memasang garis polisi (police line) di lokasi kejadian. Api dapat dipadamkan satu jam setelah petugas damkar tiba.

Kapolresta Pematangsiantar AKBP Dodi Darjanto SIK MTTA yang turut melakukan pemadaman, mengatakan, kebakaran tersebut dipicu oleh genset yang dipasang oleh pemilik toko, akibat mati lampu dan kurangnya bentuk keamanan pada genset menjadi sumber api.

“Diduga api berasal dari genset yang panas, sehingga mengenai sejumlah benda yang muda terbakar, sehingga mengakibatkan panas hingga menimbulkan api, maka kita himbau kepada masyarakat agar sama sama menjaga kemanan pasca kejadian ini” kata AKBP Dodi.

 Untuk itu, saran kami apabila anda menggunakan genset pada saat lampu pln mati, hendaknya meletakkan genset di tempat yang terbuka, jauh dari bahan yang mudah terbakar, jangan menempatkannya di dalam ruangan, dekat mobil, dekat sepeda motor, dekat bahan yang mudah terbakar.


Mohon sebarkan info ini, ke keluarga / teman anda, agar mereka dapat mengantisipasi kejadian seperti ini .


genset


sumber : siantarnews
Sebarkan Ke Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar