Salah Satu Tanda Diabetes ada Pada Leher yang Hitam

Bagikan Ke Google Plus


Meski terlihat seperti daki yang menempel pada bagian belakang leher, namun perubahan pigmentasi tersebut tidak dapat dianggap sepele. Para ahli kesehatan kembali memperingatkan tanda diabetes yang kerap diabaikan.

Seperti diberitakan The Sun, Sabtu (16/1/2016), pigmentasi tersebut disebut Acanthosis Nigricans biasanya muncul di area belakang leher, ketiak atau pangkal paha. Masalahnya, perubahan warna kulit ini dapat menjadi tanda adanya gangguan insulin.


"Pigmentasi gelap yang terbentuk biasanya merupakan tanda awal, Anda memiliki diabetes tipe 2 atau berisiko mengembangkan kondisi tersebut," menurut situs NHS.

Hal ini dialami langsung oleh warga Inggris yang memperingatkan kepada orangtua lain untuk segera memeriksa tanda hitam pada leher anak-anak. Sebab anaknya sendiri, Pantera (14), yang memiliki tanda tersebut kini mengidap diabetes tipe 2. Dia pun mengalami perubahan mendadak dalam kesehatan.

"Dimulai dengan perubahan suasana hati, tenggorokan kering dan sakit kepala. Setelah dibawa ke rumah sakit, dokter menyadari tanda hitam di lehernya," katanya.

Dia bahkan mendesak keluarga lain untuk mencari bantuan medis jika  melihat tanda-tanda abnormal pada anak. "Anda benar-benar harus memantau apa yang anak makan karena itu benar-benar memiliki efek seumur hidup pada kesehatan mereka," tukasnya. [ BS - liputan6.com ]


Sebarkan Ke Google Plus

About Jowo Widodo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar