Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Imbas Corona, Garuda Plaza Medan Hotel Tutup Sementara Per 1 April

Rabu, 01 April 2020 | 11:11 WIB Last Updated 2020-04-01T04:11:11Z

Garuda Plaza Hotem Medan

Medan - Garuda Plaza Hotel akan mulai menghentikan operasionalnya per 1 April 2020. Penghentian ini bersifat sementara dan dilakukan karena hotel tersebut tidak lagi memiliki tamu sejak pandemi virus corona semakin meluas. Apalagi salah satu hotel terbesar dan punya sejarah sebagai kebanggaan Medan dan Sumatra Utara (Sumut) ini memiliki basis di bisnis Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE). Padahal, MICE paling terdampak virus corona karena pemberlakuan social distancing.

Managing Director Garuda Plaza Hotel, Deni S Wardhana, mengatakan, penutupan sementara ini juga sesuai dengan arahan dari Gubernur Sumatra Utara Nomor 440/2666/2020 dan Surat Walikota Medan Nomor 440/2738. Arahan yang berisi terkait pencegahan penyebaran virus corona tersebut berdampak sangat buruk kepada kelancaran usaha perhotelan.

“Karena sudah tidak boleh ada keramaian. Jadi meeting pun ditiadakan. Karena itu kami memutuskan untuk melakukan penutupan sementara operasional hotel, restoran dan bar-nya terhitung tanggal 1 April 2020,” katanya, Senin (30/3).

Deni mengatakan, penutupan ini akan dilakukan sampai situasi normal. Karena jika bertahan di tengah kondisi seperti saat ini, kata Deni, memang sulit. Berbagai biaya operasional baik itu fix cost maupun variable cost masih harus ditanggung pihak hotel sementara cash flow sudah terganggu akibat tingkat hunian sudah di bawah 20%.

Terkait nasib karyawan Garuda Plaza Hotel yang berjumlah kurang lebih 200 orang, semuanya telah dirumahkan. Namun dipastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketika ditanya apakah dirumahkan tapi di luar tanggungan atau tetap digaji, kata Deni, sudah ada kesepakatan dengan karyawan. Meski tidak merinci kesepakatannya seperti apa, tapi itu merupakan hal yang terbaik yang telah disepakati manajemen Garuda Plaza Hotel dengan karyawan.

“Yang pasti sudah ada kesepakatan antara manajemen dengan karyawan. Jadi tidak ada masalah. Kita tentu berharap kondisi ini segera berlalu,” kata Deni.

Mengenai tenant yang berada di Garuda Plaza Hotel, masih tetap buka alias beroperasi. Ada 5 tenant yang saat ini berlokasi di dalam Garuda Plaza Hotel. Tapi untuk jam operasional masing-masing tenant ini, tergantung pada tenant-nya.

“Karena hotel kan tidak ditutup. Hanya operasional hotel dan restoran yang tidak ada. Jadi tenant masih buka. Jam operssionalnya disesuaikan dengan jam-nya mereka (tenant-red),” kata Deni.(R02)   / (sumut24)
×
Berita Terbaru Update