Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Imbas Covid91 Latam Airlines Group Maskapai Penerbangan terbesar di USA Bangkrut

Rabu, 27 Mei 2020 | 07:27 WIB Last Updated 2020-05-27T00:27:27Z
Foto : Latam Airlines/routers.com

Maskapai terbesar di Amerika Latin LATAM Airlines Group SA ( LTM.SN ) mengatakan pada hari Selasa perusahaan dan afiliasinya di Chili, Peru, Kolombia, Ekuador dan AS telah mengajukan perlindungan kebangkrutan di Amerika Serikat.
LATAM adalah perusahaan  korban terbaru dari pandemi coronavirus yang telah menghentikan perjalanan secara virtual, bergabung dengan Avianca Holdings SA Kolombia AVT_p.CN dan Virgin Australia Holdings Ltd ( VAH.AX ) Australia dalam perlindungan kebangkrutan karena berupaya merestrukturisasi utangnya.

"Kami telah menerapkan serangkaian langkah-langkah sulit untuk mengurangi dampak gangguan industri yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, tetapi pada akhirnya jalan ini merupakan pilihan terbaik," kata Chief Executive Officer LATAM Roberto Alvo dalam sebuah konfresi pers.

Maskapai ini akan terus terbang saat berada dalam perlindungan kebangkrutan dan afiliasinya di Argentina, Brasil dan Paraguay tidak termasuk dalam pengajuan.

Perusahaan penerbangan AS Delta Air Lines Inc ( DAL.N ) adalah pemegang saham terbesar di LATAM, setelah tahun lalu membayar $ 1,9 miliar untuk 20% saham selama masa yang lebih baik untuk industri ini.

LATAM mengatakan telah mendapatkan pendanaan dari pemegang saham utama lainnya, termasuk keluarga Cueto dan Amaro dan Qatar Airways, untuk menyediakan hingga $ 900 juta dalam pembiayaan debitur yang dimiliki.

"Sejauh diizinkan oleh hukum, grup akan menyambut pemegang saham lain yang tertarik untuk berpartisipasi dalam proses ini untuk memberikan pembiayaan tambahan," kata maskapai, menambahkan bahwa mereka memiliki sekitar $ 1,3 miliar tunai.

LATAM mencatat aset dan liabilitas dalam kisaran $ 10 miliar dan $ 50 miliar, menurut pengajuan ke Pengadilan Kepailitan AS di Distrik Selatan New York.

Maskapai ini diturunkan peringkatnya oleh S&P dan Fitch pada hari Jumat setelah perusahaan mengkonfirmasi tidak membayar bunga dan pokok pada tiga tahapan pada 2015 senilai $ 1 miliar sertifikat kepercayaan peralatan.

LATAM, dibentuk ketika LAN Chili bergabung dengan TAM Brasil pada 2012, mengatakan afiliasi Brazilnya sedang dalam diskusi dengan pemerintah Brasil tentang langkah-langkah selanjutnya dan dukungan keuangan untuk operasi di negara tersebut.

×
Berita Terbaru Update