Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

10 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Pulang atau Tiba Rumah Saat Masa Corona

Senin, 30 Maret 2020 | 16:06 WIB Last Updated 2020-03-31T08:00:07Z
Foto : Ilustrasi

Jakarta,- Imbauan untuk tetap berada di rumah saja demi menekan kurva penyebaran virus corona masih sering diabaikan. Padahal hal tersebut berfungsi untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Namun tak dimungkiri ada beberapa hal yang mau tak mau harus dilakukan di luar rumah, misalnya karyawan yang harus bekerja karena perusahaan masih tak mau menaati aturan work from home dengan berbagai alasan, petugas medis, orang yang masih 'bandel' dan main di luar rumah, sampai mereka yang terpaksa keluar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Di saat seperti sekarang, jika tak terpaksa, sebaiknya tetap di rumah. Jika terpaksa keluar rumah, ada yang harus diperhatikan ketika kembali ke dalam rumah agar orang rumah tak terkena kuman yang dibawa dari luar.

1. Buka sepatu di depan pintu. Jangan membawa masuk sepatu kotor yang sudah dipakai ke dalam rumah. Tinggalkan di depan pintu masuk. Jika memiliki disinfektan, semprotkan ke sepatu.

2. Siapkan sabun cuci tangan di depan rumah, sehingga orang yang sudah keluar atau tamu bisa cuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah Anda. Lakukan 6 langkah mencuci tangan.

3. Letakkan tas kerja, kantong plastik belanja di lantai rumah. Jangan letakkan di kursi rumah. Bersihkan permukaan tas atau plastik belanjaan dengan menggunakan tisu basah antiseptik.

4. Untuk beberapa peralatan yang sering terkena tangan misalnya ponsel, kacamata, kunci motor atau mobil, laptop, lap dengan dengan air sabun (seperti untuk sabun cuci tangan) lalu lap dengan kain bersih kering.

5. Buang semua tanda terima belanja, bon, kuitansi yang Anda terima dan tak dibutuhkan fisiknya. Jika butuh untuk pencatatan pribadi Anda bisa memotret-nya dan disimpan dalam ponsel.

6. Setelah masuk rumah, jangan menyentuh apa pun, jangan langsung duduk di kursi atau berbaring di tempat tidur, minum, makan, atau menyentuh anggota keluarga yang lain.

7. Lepas pakaian yang Anda pakai keluar rumah. Jika memungkinkan langsung dicuci atau diletakkan di keranjang pakaian kotor.

8. Segera mandi, cuci tangan dan kaki, gosok gigi, dan keramas untuk menghilangkan semua bakteri, kuman, dan virus yang mungkin menempel.

9. Usai mandi, gunakan pakaian bersih, dan beraktivitas seperti biasa.

10. Berdoa.

(CNNindonesia)
×
Berita Terbaru Update